Sunday, July 07, 2013

Awan itu Indah

Naik pesawat terbang, adalah hal yang sangat mengerikan bagi saya, ya, at least, sampai dua tahun yang lalu. Karena, sebagai manusia biasa yang awam dan macho, saya mempunyai fikiran, jika Tuhan menginginkan manusia untuk terbang, pasti Dia akan memberikan kita sepasang sayap. Bukan hanya sepasang kaki, dan sepasang tangan.
Awan yang indah bukan? 
Pengalaman pertama naik pesawat terbang bagi saya, tahun 2004. Saat itu, saya terpaksa naik pesawat, dikarenakan rapat tahunan perusahaan, yang diadakan di kota Lombok, dan Bali. Akibatnya, saya harus merasakan naik pesawat untuk pertama kalinya. Perasaan saya pertama kali menginjak kabin pesawat, cukup menakutkan. Suara bising dari mesin, ditambah arahan safety guide dari pramugari, membuat saya semakin panik. Tak berapa lama, pesawat pun take off, dan miring-miring untuk mengatur arah perjalanan.


Tetapi itu dulu. Sekarang, saya mulai bisa menghilangkan ketakutan tersebut, apalagi setelah saya nonton film Habibie. Di film itu, Habibie muda menenangkan Ainun, yang takut, pada saat pesawat berguncang. Habibie mengatakan, jika berguncang, itu justru bagus, karena kondisi pesawat kuat. Jika tidak berguncang, pesawat bisa jatuh, karena sayap patah, atau apalah, something like that. Saya lupa tepatnya. Saya tidak tahu, apakah pada saat mengatakan itu, Pak Habibie jujur atau tidak, tetapi yang jelas, hal itu menambah semangat dan keberanian saya untuk naik pesawat.

Bisa lihat? Tuh, ada yang lagi mandi di bawah
Sekarang, setiap kali naik pesawat, saya selalu meminta duduk di ujung, persis di sebelah jendela. Supaya apa? Supaya saya bisa melihat awan di luar, laut dan daratan di bawah, sambil berhayal menjadi Oki yang disihir Nirmala supaya bisa terbang dan bermain di awan yang seperti kasur, seperti cerita di majalah Bobo, yang sering saya baca, puluhan tahun lalu. Bagi saya sekarang, naik fly over tol Grogol arah Kebun Jeruk, sangat jauh lebih menakutkan, dibandingkan saat pesawat mengalami turbulensi ringan.

Tetapi, apabila ada rekan yang masih merasa takut saat naik pesawat, tenang saja, itu normal kok. Bahkan, banyak orang keren di dunia ini yang takut naik pesawat. Masih ingat Dennis Bergkamp? Penyerang tim nasional Belanda dan Arsenal di era 90-an? Beliau juga takut terbang. Selain beliau, juga ada yang lebih fenomenal, yaitu, Mr T, alias BA Baracus, anggota The A Team. Orang yang sanggup melawan puluhan lawan, tetapi harus disuntik bius setiap kali akan terbang.

No comments:

Post a Comment