Monday, December 05, 2016

Berburu ikan di Jakarta


Sejak mempunyai akuarium, efek sampingnya adalah jadi sering berburu ikan. Meski tidak terlalu sering, minimal sebulan dua kali saya lihat-lihat ikan. Sebabnya ada dua: pertama, setiap melihat ikan yang bagus, rasanya akuarium saya kok kosong terus. Lalu yang kedua, terkadang, ada ikan yang mati, dan "memaksa" saya cari pengganti.

Sejauh ini, saya sudah belanja ikan di empat tempat, pasar ikan Radio Dalam (karena dekat kantor), pasar ikan Radin Inten (jarang, karena setiap melewatinya, tutup karena suda malam), pasar Jatinegara (kalau pas mood saja jalan Minggu pagi), dan pedagang emperan di BKT, dekat RS Duren Sawit.
Mengenai harga, saya punya cerita sedikit mengenai harga ikan hias yang pernah saya beli. Dari semua tempat di atas, berdasarkan pengalaman saya, paling mahal ada di pasar ikan Radio Dalam. Saya pernah beli neon tetra, 10 ekor, harganya 30 ribu. Kenapa saya bilang paling mahal? Karena sewaktu saya tanya harga ikan yang sama di tempat yang lain, semuanya di bawah 15 ribu. Sewaktu saya beli pun, plastik ikannya tidak diberi oksigen oleh penjualnya, akibatnya sampai rumah, sebagian ikan pada mabuk, dan ada yang mati :(
Kalau yang paling murah, bisa ada di dua tempat: pasar ikan Jatinegara, dan BKT. Ada beberapa jenis ikan yang lebih murah di BKT, tapi ada beberapa jenis yang lebih murah di Jatinegara. Semisal, ikan Sumatra, 10 ribu saya dapat 6 ekor di Jatinegara, tapi di BKT, dapat 5. Tapi, ikan Electric Blue yang cantik itu, di Jatinegara satunya 15 ribu, tapi di BKT, 15 ribu dapat dua! Nah lo...
Berdasarkan hal di atas, saya lebih sering membeli di BKT. Harga murah, penjualnya ramah, dan pengetahuan ikannya luas, plus dia buka saat malam hari, di jalur rute saya pulang.
Mengenai harga, bisa relatif, karena saya memang tidak suka menawar. Meski begitu, bila saya menemukan harga jualnya ternyata ada yang lebih murah, saya tidak akan ke toko yang pertama tadi. Bisa jadi, di tempat yang saya bilang mahal, ternyata oleh orang lain dianggap murah, karena bisa menawar.



2 comments:

  1. Eh di pasar baru kartini juga banyak yang jual ikan dan murah2 lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak Mas. Cuma saya takut, mau ke Kartini malah nyasar ke sekitarnya :(

      Delete