Monday, June 17, 2013

Cukup selembar tissue, sekali makan

Ada yang pernah tahu, gambar di samping ini apa? Bukan, ini bukan pispot, tempat orang sakit pipis, tetapi ini adalah tempat tisu. Tempat tisu seperti ini, sangat banyak dijumpai di warung warung makan. Mulai dari warteg, sampai ke warung padang.
Pemilik warung, menyediakan tissue di meja, sebagai bentuk servis kepada tamu, sehingga, tamu merasa lebih praktis. Jika di bibirnya ada kotoran bekas minyak/remah makanan, cukup menyekanya dengan tissue, bukan dengan tangan, lengan baju, lidah, atau malah dengan bibir temannya.
Yang jadi permasalahan adalah, dengan stok tissue yang berlimpah, orang cenderung menghamburkannya. Yang seharusnya bisa dengan sepotong kecil, sekarang mesti dua tiga gulungan telapak tangan, untuk membersihkan. Bahkan, ada satu gejala lain yang cukup sering terjadi, bahkan, piring, sendok pun, sekarang mesti diseka dulu sebelum dipergunakan. Semakin boros lagi dah.



Mungkin, tak semua orang tahu, kalau tissue terbuat dari batang pohon. Saya belum mendapatkan angka yang valid tentang proses pembuatan tissue, tetapi untuk pembuatan satu ton kertas, dibutuhkan 3 ton kertas, dan 98 ton bahan lainnya. Sumber dari sini. Jadi, semakin banyak tissue terpakai, semakin banyak pohon yang harus ditebang.

Waktu hari Sabtu lalu saya pergi makan di Bebek Kaleyo, ada satu hal yang cukup membuat tercengang, tapi juga menyenangkan. Di meja makan, sama sekali tidak ada box tissue, tetapi sebagai gantinya, di setiap piring, ada satu lembar tissue. Wow, ide yang cukup bagus menurut saya. Dengan mekanisme seperti itu, mau tidak mau, orang akan dipaksa hanya menggunakan satu lembar tissue yang ada. Menurut salah seorang pelayan di sana,kebijakan itu, baru diterapkan selama dua minggu.Dan pada saat itu, saya tidak melihat ada pelanggan meminta pelayan untuk membawakan tambahan tissue. Wah, andai semua restoran menerapkan hal yang sama

1 comment:

  1. ijin sedot pict gan
    mampir ke tumblr saya gan ^^

    https://www.tumblr.com/blog/onetipstobenationalist/new/text

    ReplyDelete